Kamis, Februari 9, 2023
Google search engine
BerandaEdukasiWujudkan SDM Unggul Sejak Dini, Kemenko PMK RI Launching RAN PAUD HI

Wujudkan SDM Unggul Sejak Dini, Kemenko PMK RI Launching RAN PAUD HI

Jagatpos.com, Lamongan – Pemerintah resmi meluncurkan RAN PAUD-HI (Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif) tahun 2020-2024 pada, Kamis (24/06/2021). Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi bersama Bunda PAUD Lamongan Anis Kartika Yuhronur mengikuti acara tersebut secara virtual.

RAN PAUD HI merupakan wujud komitmen Pemerintah dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden No.60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif.

Menurut Deputi Bidang Koordinasi PKAPP Kemenko PMK RI (Kementerian Koordinator Bidang Pembanguan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia), Femmy Eka Kartika, bahwa PAUD HI akan memberikan pelayanan bimbingan perkawinan pada calon penganting, layanan ibu hami dan anak sejak dalam kandungan sampai usia 6 tahun agar kebutuhan esensial anak dapat terpenuhi.

“Kebutuhan esensial anak ini meliputi kesehatan dan gizi, pendidikan, pembinaan moral emosional, dan pengasuhan yang baik, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai kelompok umur,” kata Deputi Femmy Eka Kartika.

Deputi berharap, seluruh Kabupaten/Kota dapat mengimplementasikan PAUD-HI di daerahnya untuk melahirkan generasi dan SDM yang unggul berkualitas sejak usia dini. Untuk itu, diperlukan kekuataan dan sinergitas antara elemen baik orangtua, guru, masyarakat dengan stakeholder yang terlibat.

“Kami berharap seluruh Kabupaten/Kota dapat mengimplementasikan PAUD-HI di daerahnya, untuk menjamin terwujudnya SDM yang berkualitas sejak usia dini,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Lamongan juga berkomitmen untuk menjadi kabupaten layak anak. Salah satu keberhasilnya, yakni memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) cukup tinggi yakni 7,24%. Serta berhasil menurunkan angka stunting selama empat tahun terakhir dari 15 % menjadi 7,08 %. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR