Selasa, Januari 31, 2023
Google search engine
BerandaBojonegoroMuscab II Pessandra Bojonegoro Memilih Kang Obeh, ini Visinya

Muscab II Pessandra Bojonegoro Memilih Kang Obeh, ini Visinya

Jagatpos.com, Bojonegoro – Pada Sabtu (15/01/2021), PC Pessandra (Pengurus Cabang Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat) Kabupaten Bojonegoro mengadakan Muscab (Musyawarah Cabang) II yang bertema ‘Optimalisasi Peran Santri Menguatkan Negeri’, di Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD) Kedungsantren Bojonegoro.

Muscab ini, dihadiri PAC (Pengurus Anak Cabang/Kecamatan) Pessandra Se- Kabupaten Bojonegoro, PP (Pengurus Pusat) juga PC Pessandra luar Bojonegoro, serta sejumlah pejabat dari Pemkab Bojonegoro yakni Asisten Daerah 1 – Djoko Lukito yang mewakili Bupati Anna Muawanah, Bakesbangpol, Anggota DPRD Jatim – H Budiono S.Sos, dan perwakilan PCNU Bojonegoro.

Gus Azhar Ma’ruf selaku Ketua PC Pessandra Kabupaten Bojonegoro periode 2018 – 2021 dalam LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban)-nya yang diterima peserta Muscab menyampaikan sejak dilantik tanggal 24 Juli 2018 telah merealisasikan program kerja baik dibidang Konsolidasi Organisasi – Internal, Sosial, Keagamaan, Pendidikan, dan Humas – Eksternal.

“Sejak berdirinya Pessandra Bojonegoro tanggal 24 Juli 2018, kami konsolidasikan organisasi dengan mendata santri dan alumni PPSD Lamongan dari Bojonegoro. Selanjutnya Pessandra Bojonegoro aktifkan kegiatan keagamaan dengan menggelar pengajian akbar, dan Ngaji Jum’at Pahing di PPSD Lamongan, serta hidupkan majelis wirid rutin 1 bulan sekali di PAC Pessandra Se- Kabupaten Bojonegoro,’ ungkapnya.

Sedangkan bidang social, lanjutnya. Pessandra Bojonegoro menyantuni anak yatim – dhu’afa’ dan donasi kebencanaan. Lalu bidang pendidikan lakukan asistensi pendirian lembaga pendidikan/pesantren milik alumni PPSD. Kemudian bidang humas lakukan pengelolahan medsos Pessandra Bojonegoro sebagai media dakwah dan komunikasi antar alumni.

“Pessandra Bojonegoro hadir juga dalam gerakan sosial dengan menyantuni anak yatim – dhu’afa’ dan donasi kebencanaan, serta mendorong alumni untuk mengawal kebijakan publik,’ terang Gus Azhar.

Usai LPJ PC Pessandra Kabupaten Bojonegoro periode 2018 – 2021 diterima peserta Muscab II, lalu dilanjutkan agenda lainnya sampai dengan terpilihnya Abdul Kholik Ubaidullah (Kang Obeh) yang dikenal musisi gamelan sholawat Aji Soka secara aklamasi sebagai Nahkoda baru PC Pessandra Kabupaten Bojonegoro periode 2021-2024.

Dalam sambutannya, Ketua terpilih Kang Obeh menyampaikan, bahwa kedepan pihaknya akan berupaya untuk lebih mempererat silaturahmi antar alumni Se- Bojonegoro yang jumlahnya puluhan ribu. Karena dengan kuatnya silaturrahmi akan tercipta kesinambungan antar alumni, berjejaring secara massif demi mencapai tujuan bersama yang selaras dengan visi misi PPSD.

Ditambahkannya, bahwa Alumni Sunan Drajat merupakan alumni yang paling tua Se-Indonesia dan bersanad langsung ke Sunan Drajat. Oleh sebab itu, para alumninya juga patut meneruskan perjuangan dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang diperjuangkan Sunan Drajat.

“Intinya, alumni PPSD perlu berjejaring secara massif, baik generasi tua maupun muda. Selanjutnya, sinergitas berbasis kepahaman dari peran para alumni juga sangat penting. Sehingga dengan kekeluargaan harmonis yang terjalin lintas alumni ini akan memberikan kontribusi positif, manfaat, dan kesuksesan dalam meraih cita-cita,” jelas Kang Obeh bersemangat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PP Pessandra, Dr Sulanam dalam sambutannya menyampaikan motivasinya kepada seluruh alumni, utamanya bagi Ketua yang baru saja terpilih. Selain itu, ia berpesan, agar para alumni terus produktif dalam berkarya dan memberikan kemanfaatan kepada masyarakat.

“Seperti apa yang dipesankan oleh Pengasuh PPSD, Dr KH Abdul Ghofur, mari kita tata Pessandra ini sebaik mungkin, siap melarat demi kepentingan ummat. Abah Yai selalu mendo’akan kepada kita, kita tergolong alumni yang beruntung, karena masih bisa sowan, dan mendapat petuah-petuah secara langsung dari Abah Yai,” pesan Dr. Sulanam.

Disampaikan pula, jika saat ini alumni Sunan Drajat sudah tersebar di seluruh daerah Se- Indonesia, dan kepengurusannya telah dibentuk secara bertahap. Ia berharap, PC Pessandra Bojonegoro mampu menjadi pioner bagi kepengurusan yang lain.

“Semoga langkah kita dimudahkan oleh Allah SWT. Serta dimanapun alumni berpijak, mudah-mudahan kita selalu bisa menebar kebaikan dan manfaat,” ajaknya.

Dalam pantauan awak media, acara terlihat semarak dengan banyaknya banner ucapan dari Kementerian RI, pejabat setempat, partai politik, kolega dan lainnya yang terpampang serta berjajar hingga sepanjang jalan masuk sekitar arena Muscab di komplek Pesantren Kedungsantren Sunan Drajat Bojonegoro. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR