Selasa, Januari 24, 2023
Google search engine
BerandaLamonganCegah Banjir Babat, PDIP Lamongan Bersihkan Sampah di Kali Sawo

Cegah Banjir Babat, PDIP Lamongan Bersihkan Sampah di Kali Sawo

Jagatpos.com, Lamongan – Guna mencegah terjadi banjir susulan, DPC PDI Perjuangan Lamongan bersama para kader dan PAC PDIP Babat mengadakan aksi social pembersihan sampah yang menghambat saluran air di Dusun Sawo, Kelurahan/Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jumat (18/2/2022).

Hal tersebut dilakukan karena timbunan sampah yang berada di saluran tersebut rentan mengakibatkan sumbatan terhadap aliran air. Selain itu, banyaknya endapan lumpur di saluran ini juga perlu dilakukan pengerukan, agar air dapat mengalir secara optimal.

Untuk diketahui, kawasan Kelurahan Babat dan sekitarnya merupakan kawasan langganan banjir saat musim penghujan tiba. Hal itu disebabkan buruknya saluran drainase, dan kurangnya kesadaran masyarakat setempat dalam membuang sampah juga disinyalir jadi penyebab banjir rutin mengepung Babat.

Oleh karenanya, DPC PDI Perjuangan Lamongan bersama PAC PDI Perjuangan Babat serta warga setempat tergerak untuk melakukan pembersihan secara gotong royong di saluran kali Sawo sepanjang 2 kilometer tersebut.

“Kita bersihkan endapan lumpur dan timbunan sampah yang menyebabkan pendangkalan serta penyumbatan saluran. Karena sampah-sampah ini telah mengurangi kapasitas daya tampung air, apalagi saat musim hujan,” kata Bendahara DPC PDI Perjuangan Lamongan, Fujika Senna Oktavia, Jumat (18/2/2022).

Fujika menambahkan, dalam aksi social ini juga menguruk jalan yang terendam banjir di di kawasan tersebut sekaligus menyantuni anak yatim dan pembagian sembako kepada warga.

“Inilah rangkaian kegiatan ini, kami ngin membantu masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah dengan mengadakan aksi soial terhadap masyarakat disini,” tambahnya.

Bahkan, istri dari Ketua DPRD Jatim – Kusnadi ini juga tak segan menyambangi warga yang tengah terbaring sakit.

“Aksi social PDI Perjuangan Lamongan ini bertujuan untuk meringankan masyarakat yang terdampak banjir,” jelas Fujika.

Sementara itu, Lurah Babat, Moh Faris Hasbi yang ikut hadir dalam kegiatan ini ucapkan terima kasih, utamanya kepada Fujika Senna Oktavia, dikarenakan telah menginisiasi aksi social untuk masyarakat di Kelurahan Babat.

“Terimakasih banyak atas aksi sosial yang dilakukan kawan-kawan kami PDIP Lamongan, yang membantu kami dalam menangani banjir di Kelurahan Babat,” ucap Faris.

Faris menyampaikan pula, selama 3 bulan dirinya menjadi pejabat sementara Lurah Babat dan resmi dilantik jadi Lurah pada Januari 2022 kemarin, bahwa Kelurahan Babat sudah tiga kali dilanda banjir. Ia menyebut, banjir terparah terjadi di pekan awal tahun 2022.

“Kami ini hanya diberikan anggaran oleh pemerintah antara 600 juta setiap tahunnya. Jujur dengan uang segitu untuk kebutuhan yang menyangkut hajat masyarakat Babat tidak cukup. Maka dari itu saya sangat berterimakasih kepada kader-kader PDI Perjuangan, yang mau turun tangan membantu kami,” ungkapnya. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR