Sabtu, Januari 28, 2023
Google search engine
BerandaEdukasiPeringati HPN 2022 Bersama Diknas Lamongan, Pelajar Dilatih KJL Ilmu Jurnalistik

Peringati HPN 2022 Bersama Diknas Lamongan, Pelajar Dilatih KJL Ilmu Jurnalistik

Jagatpos.com, Lamongan – Guna memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) mengadakan pelatihan jurnalistik untuk siswa-siswi SMP (Sekolah Menegah Pertama), di Aula Widyaloka Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Lamongan, Rabu (23/02/2022).

Acara yang bertema ‘Membangun Bangsa Dengan Tulisan, Mencetak Regenerasi Jurnalis Lamongan Untuk Dimasa Depan’ ini, diadakan KJL bersama Diknas Lamongan, dan diikuti puluhan pelajar perwakilan beberapa SMP di Lamongan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua KJL, Fadli dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini untuk memperingati HPN 2022, dan merupakan program KJL dalam kepeduliannya terhadap regenerasi jurnalis di masa depan, sehingga terbanggunlah Komunitas Jurnalis Muda Lamongan, serta harapannya sebagai wadah silaturahmi Jurnalis Lamongan. Selain itu, juga ingin membangun iklim baru tentang wajah Jurnalis di Lamongan. Karena regenerasi Jurnalis muda adalah salah satu visi besar KJL.

“Pelatihan Jurnalistik ini diperuntukkan bagi siswa SMP yang berkeinginan, memiliki minat dan mau berkarya dalam bidang karya tulis, sehingga dengan memperdalam wawasan jurnalistik hal itu kedepannya diharapkan dapat menghidupkan semangat menulis dan berliterasi di lingkungan sekolahnya masing-masing,” kata Fadli.

CEO Kabar 1 Lamongan ini menambahkan, bahwa follow up bagi peserta pelatihan ini diberikan kesempatan menjadi kontributor berita dengan membuat berita positif yang mengangkat tentang hal-hal yang ada dilingkungan sekitar sekolahnya, baik prestasi maupun kegiatan ekstrakulikuler sekolah. Lalu karya siswa-siswi tersebut, nantinya juga bisa ditayangkan di portal berita Lokal kabar1lamongan.com dan juga media lain yang tergabung dalam KJL.

“Saya menyediakan ruang bagi pelajar untuk ikut berkontribusi bagi perkembangan kabupaten Lamongan, terutama dalam hal pemberitaan yang positif dan baik, Karena masih banyak potensi dan hal-hal yang ada disekitar kita yang belum terekspose, terjamah dan menarik untuk diangkat terutama disekitar kita,” tambah Fadli.

Nah, disinilah peran media media asli Kabupaten Lamongan, lanjutnya. “Tinggal bagaimana kita mengemasnya menjadi sebuah berita yang mengedukasi publik, Untuk itu, perlu peran aktif kita semua para pelaku media untuk bisa mewujudkannya,” terang Fadli.

Masih dalam kesempatan ini, Didik Eko Hermawanto, Kabiro lamongannews.com yang menjadi salah satu pemateri pelatihan ini menyampaikan terkait dasar-dasar jurnalistik itu bisa menjadi bahasan referensi bagi siapa saja yang ingin mengenal atau terjun ke dunia jurnalistik, dan juga ingin memahami ilmu dasar kewartawanan.

“Dasar-dasar jurnalistik itu paling tidak, jika memahami konsep jurnalistik akan membuat pembaca lebih kritis dalam menerima informasi atau menyerap berita yang tersaji di media massa, media online, sehingga bisa membedakan mana berita yang benar dengan hoax atau berita tidak benar,” jelas Didik.

Sementara itu, Kabid SMP Diknas Lamongan, Chusnu Yuli Setyo dalam sambutannya menyampaikan, dirinya ingin mengajak kepada generasi muda untuk bisa berkarya melalui karya jurnalistik yang baik dan benar sesuai kode etik jurnalistik yang ada, yakni sesuai kaidah dasar berita, 5W+1H.

“Melalui acara ini, kami mengajak generasi muda khususnya pelajar di Kabupaten Lamongan untuk bisa ikut berkarya dan memaham,i serta bisa membuat karya jurnalistik yang baik. Lalu hasil karya jurnalistiknya itu bisa diaplikasikan oleh siswa-siswi dalam mading, majalah sekolah ataupun website sekolahnya nanti,” ungkapnya.

Disampaikan pula, melalui Komunitas Jurnalis Lamongan, semoga bisa menjadi kendaraan bersama untuk saling belajar dan tanya jawab seputar media dan jurnalistik. Harapan bersama, untuk bisa terus membuat kegiatan pelatihan jurnalistik kepada siswa.

“Insaallah nanti Dinas Pendidikan Lamongan bersama KJL akan terus bersinergi dalam kegiatan kejurnalistikkan, bagi siswa. Entah dalam sebulan atau dua bulan sekali, untuk bisa diadakan kegiatan seperti ini dibeberapa sekolah di Kecamatan lain,” pungkas Chusnu Yuli Setyo. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR