Kamis, Februari 9, 2023
Google search engine
BerandaBupatiIkuti Panen Padi di Sidomlangean, Bupati YES Sampaikan ini

Ikuti Panen Padi di Sidomlangean, Bupati YES Sampaikan ini

Jagatpos.com, Lamongan – Sektor pertanian Lamongan masih tumbuh positif meski ditengah pandemi Covid-19. Hal tersebut dapat dilihat dari Nilai Tukar Petani (NTP) Lamongan yang naik 2% di tahun 2021. Angka tersebut disampaikan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (YES) saat mengikuti Panen Raya Musim Penghujan di Kawasan Persawahan Desa Sidomlangean, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Sabtu (26/02/2022).

“Alhamdulillah Nilai Tukar Petani Lamongan (NTP) tahun 2021 naik 2% menjadi 106,81 dibanding tahun 2020 104,84. Itu artinya sektor pertanian Lamongan masih tumbuh positif meski pandemi Covid-19, “ kata Bupati YES.

Hal itu mengisyaratkan kesejahteraan petani Lamongan yang semakin meningkat, apalagi saat ini juga dibarengi dengan kenaikan harga gabah kering giling yang saat ini mencapai angka Rp. 4.400.

“Agar produktivitas pertanian semakin meningkat, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah diantaranya pemberian bantuan alat pertanian modern, subsisid pupuk hingga pengentasan hama tikus yang menjadi momok petani Lamongan,” ungkap Bupati YES.

Hal senada disampaikan Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan, Sukriyah. ia menyebutkan berbagai peningkatan produksi terus dilakukan termasuk mendukung infrastruktur pertanian. Seperti pembangunan jalan usaha tani, rehabilitasi jaringan irigasi tingkat usaha tani, pengerukan embung sumur pantek dan lain sebagainya.

Selain mempertahankan, kedepan Sukriyah juga akan terus melakukan berbagai inovasi termasuk yang saat ini dilakukan yakni inovasi Manajemen Tanam Sehat (MTS), yang mana MTS itu budidaya padi hibrida dilahan tadah hujan atau lahan kering.

“Kedepan kami akan terus melakukan inovasi-inovasi yang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian khususnya komoditas padi di Lamongan,” jelas Sukriyah.

Penting diketahui, kenaikan NTP Kabupaten Lamongan juga didukung oleh kenaikan produksi tanaman salah satunya komoditas padi. Di tahun 2021 dengan luas panen 154.204 hektar mampu memproduksi sebesar 1.196.310 ton padi, sehingga produktivitasnya 7,76 ton per hektar.

Sedangkan provitas naik 2,35 % dari tahun 2020 dimana produktivitas padi hanya 7,58 ton per hektar. Adapun luasan panen padi di wilayah Kecamatan Kedungpering yakni selus 4.419 hektar dan 229 hektar diantaranya ada di Desa Sidomlangean. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR