Kamis, Februari 9, 2023
Google search engine
BerandaJabodetabekTerapkan Ilmunya, Mahasiswa FTI UNPAM Membuat Aplikasi Pembayaran SPP di SMP Islam...

Terapkan Ilmunya, Mahasiswa FTI UNPAM Membuat Aplikasi Pembayaran SPP di SMP Islam Budaya

Jagatpos.com, Depok – Sejumlah Mahasiswa Semester 6 Fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang (FTI UNPAM) Tahun Ajaran (TA) 2021/2022, telah melaksanakan Kerja Praktek (KP) di SMP Islam Budaya, Jl. Mangga Rt.001/Rw.003 – Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Jum’at (22/04/2022).

Dalam Kerja Praktek yang bertema ‘Sistem Pembayaran SPP Berbasis Web Pada SMP Islam Budaya Depok’ ini, Mahasiswa FTI UNPAM turun langsung dalam perancangan Aplikasi Pengelolaan Pembayaran SPP tersebut, dengan didampingi Saprudin, M.Kom. sebagai dosen pembimbing dan Aulia Agustini, S.Pd. sebagai pembimbing instansi.

Kenang Alam Firdaus, selaku Ketua Kelompok Kerja Praktek FTI UNPAM TA. 2021/2022 menjelaskan, bahwa Sistem Informasi yang digunakan pada SMP Islam Budaya Sawangan Depok, terutama pada bagian proses pembayaran SPP masih bersifat manual, seperti menerima bukti pembayaran dengan menggunakan kwitansi dalam pencatatannya, dan siswa atau wali murid datang langsung, sehingga membutuhkan waktu dan jarak yang lama,

“Sistem Informasi yang berjalan di SMP Islam Budaya Depok tidak efektif dan efisien, serta penyimpanan laporan data-data berkas/kwitansi bukti bayar yang tidak terorganisir dengan baik, sehingga mengakibatkan permasalahan yang timbul, baik bagi sekolah maupun bagi siswa yang sudah membayar ataupun belum membayar,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya. Kegiatan ini untuk membantu sistem pembayaran pada SMP Islam Budaya Depok dalam mengelola Sistem pembayaran menjadi lebih baik lagi. Dan dalam merancang Aplikasi Sistem Pembayaran SPP ini, digunakan dua Bahasa pemrograman, yaitu PHP dan HTML

“Dalam merancang Aplikasi Sistem Pembayaran SPP ini, kami menggunakan dua Bahasa pemrograman, yaitu PHP dan HTML. Adapun PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. Sedangkan. HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language, yaitu bahasa markup standar untuk membuat dan menyusun halaman dan aplikasi web,” terang Kenang Alam Firdaus.

Kenang Alam Firdaus menambahkan, selain merancang dan membuat Aplikasi sistem Pembayaran SPP berbasis Web, Fihaknya juga mengimplementasikannya dan mengajak Staff Tata Usaha untuk mencoba Aplikasi yang telah dirancangnya. Karena kedepannya, Aplikasi tersebut akan digunakan oleh Staff atau Petugas Tata Usaha SMP Islam Budaya Depok.

“Terima kasih kepada Bapak Achmad Fathoni, M.Ag. selaku Kepala SMP Islam Budaya Depok atas izinnya kepada kami untuk melaksanakan Kerja Praktek disini, dan terima kasih juga kepada Ibu Aulia Agutini, S.Pd. dan Bapak Saprudin, M.Kom. atas bimbingannya. Semoga Aplikasinya bermanfaat,” tutup Kenang Alam Firdaus. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR