Kamis, Februari 9, 2023
Google search engine
BerandaBojonegoroDesa Karangdinoyo Akhiri Safari Vaksinasi Dengan Berbagi Kepada Warga Miskin dan Pemeriksaan...

Desa Karangdinoyo Akhiri Safari Vaksinasi Dengan Berbagi Kepada Warga Miskin dan Pemeriksaan Kesehatan Lansia

Jagatpos.com, Bojonegoro – Kegiatan safari vaksinasi yang diprogramkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Karanngdinoyo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro berakhir di Dusun Bulak pada hari Minggu (24/04/2022) di Masjid Darussalam seusai shalat taraweh berjamaah.

Kegiatan yang juga dibarengin dengan penyaluran hasil pengumpulkan Zakat Mal oleh warga Desa melalui pengurus NU Care – LazizNU Ranting Desa Karangdinoyo dan pemeriksaan kesehatan secara gratis tersebut diikuti antusiasme warga yang luar biasa.

Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo, Bripka Achmad Wahyudin yang ikut mengamankan jalannya kegiatan hingga selesai kepada media ini mengatakan, bahwa kegiatan Safari Vaksinasi yang berlangsung kali ini di Dusun Bulak merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang telah diprogramkan oleh Pemdes Karangdinoyo, dan telah berlangsung sebelumnya di 5 titik lokasi di masing – masing Dusun yang ada di Desa Karangdinoyo.

Ditambahkannya, dalam kegiatan ini pula, untuk mendukung ketersediakan vaksin juga didukung oleh program sejuta vaksin oleh PB NU yang bekerjasama dengan Polri dan Kemenang melalui Pengurus MWC NU Sumberrejo.

“Alhamdulillah, walaupun 1 Dusun hanya terdiri 1 RT yaitu RT 005, rangkaian kegiatan safari vaksinasi Desa Karangdinoyo berjalan lancar dan sesuai rencana dan diikuti antusiasme warga yang luar biasa,” kata Bripka Yudi.

Dalam kegiatan yang terkahir ini juga dibarengi dengan penyaluran zakat mal seluruh warga Desa Karangdinoyo yang telah dikumpulkan melalui NU Care-LazizNU Desa Karangdinoyo, dan diberikan lagi kepada warga kurang mampu di wilayah Desa Karangdinoyo.

Selain itu juga, tenaga kesehatan (Nakes) Desa setempat juga menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan gula darah sewaktu dan tekanan darah bagi warga datang di lokasi kegiatan.

“Kegiatan ini juga dibarengi dengan penyaluran zakat mal dan langsung diberikan kepada warga kurang mampu di lingkungan Dusun Bulak,” ungkap Pak Bhabinkamtibmas.

Sementara itu, Mantri Desa, M. Kharis Shodiq, S.Kep, Ns yang bertugas memberikan layanan pemeriksaan kesehatan kepada warga yang hadir menerangkan, bahwa selain pemberian suntikan vaksin baik dosis 1, dosis 2 maupun dosis 3 (booster) kepada warga yang sudah waktunya pemberian vaksin dosis lanjutan, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang datang walaupun tidak terjadwal untuk mengikuti vaksin, karena belum waktunya sesuai jeda pemberian vaksin.

Menurutnya, dengan adanya pemeriksaan kesehatan tersebut pula diperoleh data pemetaan kesehatan warga, serta memberikan eduksi kesehatan bagi warga terindikasi adanya gangguan kesehatan dari hasil pemeriksaan tersebut.

“Selain antusias mengikuti vaksin, warga juga senang ikut memeriksakan kesehatannya,” jelas Pak Mantri.
Dalam kegiatan yang dilakukan ini, tim vaksinasi juga memberikan layanan vaksinasi door to door bagi warga lansia yang tidak bisa hadir ke lokasi vaksin dikarenakan faktor kesehatannya. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR