Senin, Januari 30, 2023
Google search engine
BerandaLamonganCegah Wabah PMK, Babinsa Tikung Bantu Penyemprotan Disinfektan di Pasar Hewan

Cegah Wabah PMK, Babinsa Tikung Bantu Penyemprotan Disinfektan di Pasar Hewan

Jagatpos.com, Lamongan – Beragam cara dilakukan dalam mengantisipasi penyebaran wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak. Salah satunya dengan menyemprot disinfektan pada kandang ternak yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan di Pasar Hewan di Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Minggu (15/05/2022)

Dini Kusumayana, selaku Bagian Pengamatan Penyakit Hewan – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lamongan menyampaikan, bahwa penyemprotan dilakukan secara menyeluruh didalam Pasar Hewan Kecamatan Tikung untuk membunuh kuman dan mencegah penyebaran wabah PMK di kandang ini.

“Penyemprotan disinfektan di Pasar ini bertujuan untuk membunuh kuman di kandang, agar tetap steril dan wabah PMK tidak menyebar ke hewan ternak lainnya,” ucap Dini Kusumayana,

Dalam penyemprotan ini, Serda Riyanto, selaku Babinsa Koramil 0812/04 Tikung membantu pelaksanaan kegiatan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan Tikung. Menurutnya, secara terpisah Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan Forkopimcam juga melakukan upaya sosialisasi kepada kelompok peternak mengenai PMK ini.

“Selain sosialisasi PMK kepada kelompok peternak, Kami juga melakukan pengecekan di tiap-tiap RPH terkait kesehatan hewan, karena hal ini sangat diperlukan sebelum dilakukan pemotongan untuk memastikan hewan dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit PMK,” ujar Babinsa Serda Riyanto. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR